Makalah rencana bisnis
Diajukan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Managemen strategis
Rencana Bisnis Rumah Jahit Beujaya
Disusun Oleh:
IIN ZUHRA
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ABULYATAMA
ACEH
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bisnis yang masih bertahan bertahun tahun salah satunya bisnis jasa jahit pakaian. Kenapa bisnis jasa jahit pakaian ini memiliki prospek yang bagus, karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan. Sekarang ini pakaian bukan sekedar sebagai penutup badan atau aurat namun juga sebagai sarana menghias diri sehingga orang tidak akan puas memiliki satu dua pakaian namun juga banyak pakaian yang bagus meski pakaian lama masih layak pakai.
Merintis usaha dari hobi dapat memberikan kepuasan tersendiri. Salah satunya adalah membuat pakaian. Salah satu jenis HYPERLINK "http://berbisnisrumahan.com/tag/usaha-modal-kecil" \o "usaha modal kecil" usaha modal kecil ini, merupakan kesempatan berharga untuk saya sebagai penjahit yang ingin mencari peluang di HYPERLINK "http://berbisnisrumahan.com/tag/bisnis-rumahan" \o "bisnis rumahan" bisnis rumahan.Mungkin bagi sebagian orang, membeli baju dipasar atau di pusat perbelanjaan adalah sebuah pilihan yang praktis dan memberikan kesan tersendiri kepada pemakainya. Tetapi tak jarang pula konsumen merasa ukuran pakaian yang mereka beli kurang pas di badan, apalagi jika memiliki tubuh yang unik dan tidak terakomodasi dengan baik oleh ukuran pakaian hasil produk massal pabrik. Atau mungkin kurang sesuai dan cocok model atau pilihan warna dan bahannya. Nah itulah kendala yang dihadapi jika membeli pakaian jadi. Kendala tersebutlah yang memberikan peluang bagi saya untuk memulai bisnis rumahan.
1.2 Visi, misi dan tujuan
Visi :·
Menciptakan sebuah usaha dengan modal yang relatif rendah dan keutungan yang cukup besar
Misi :
· Memberikan kualitas jahitan yang baik serta rapi
· Memberikan pelayanan yang terbaik.
Tujuan Usaha :
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarya serta dapat memberikan contoh kepada mahasiswa-mahasiswa lain bahwa memulai usaha tidak harus dengan modal yang besar, akan tetapi dengan hobi yang bisa dijadikan peluang bisnis tidak menutup kemungkinan keuntungan yang kita peroleh cukup besar nantinya.
BAB II ASPEK PEMASARAN
2.1 Jasa
Jasa yang saya tawarkan adalah jasa menjahit baju wanita meliputi aanak-anak, remaja serta ibu-ibu. Selain itu, kami juga menerima jasa menjahit sprei, gorden dan lain-lain
2.2 Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis rumah jahit yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman, meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kebutuhan sehari hari kita.
2. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan Mendatangi instansi-instansi atau perusahaan tertentu dengan mengajukan proposal kerjasama seperti pembuatan baju ,seperti seragam dinas pegawai, seragam kantor dan lain sebagainya.
2.3 Analisis Pasar
Analisis Pasar dan Pemasaran
1. Target penjualan jasa
Usaha yang kami rintis ini adalah usaha rumahan. Sehingga agar mudah untuk dikenal oleh masyarakat kami memasang sebuah papan iklan di depan rumah, sehingga masyarakat yangmelewati jalan tersebut dapat melihat papan iklan tersebut. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
2. Sasaran Konsumen
Target utama Anda adalah anak-anak, remaja putri, para wanita pekerja/mahasiswa, hingga ibu-ibu muda yang selalu ingin tampil modis dan trendi. Bahkan siapa saja yang ingin membuat baju/pakaian.
2.4 Strategi Pemasaran
Memasarkan dari mulut ke mulut. Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana dan efektif untuk sekala usaha rumahan.
Membuat brosur dan menyebarkannya dilingkungan sekitar rumah anda.
Mendatangi instansi-instansi atau perusahaan tertentu dengan mengajukan proposal kerjasama seperti pembuatan baju ,seperti seragam dinas pegawai, seragam kantor dan lain sebagainya.
Mempromosikan lewat online media sosial atau membuat website sendiri dengan memajangkan hasil karya yang telah dibuat.
BAB III
ANALISA OPERASIONAL
3.1 Rencana Kegiatan
Adapun rencana kegiatan yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Kualitas
Kualitas yang akan kami berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan mengamati bahan-bahan yang kita gunakan, agar konsumen pun tidak kapok/jerah karena telah membeli jasa kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik dari segi bentuk maupun rasanya.
2. Lokasi
Tempat usaha yang kami rintis ialah di rumah sendiri, dengan begitu akan menghemat biaya untuk sewa toko atau sejenisnya.
3.3 Analisa SWOT
1. Strenght (Kekuatan)
Kerapian sangat diutamakan
Harganya cukup murah dan terjangkau
pelayanan memuaskan
2. Weakness (Kelemahan)
Belum mempunyai cabang.
Kurang modal untuk memulai usaha.
3. Opportunity (Peluang)
pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan.
Tidak cocok dengan model dan ukuran baju yang dijual di pasaran
Budaya masyarakat yang konsumtif.
4. Threat (Ancaman)
Banyak saingan di luar
BAB IV
ANALISA KEUANGAN
4.1 Modal Awal
Bagi pelaku usaha penting bagi kita untung memperhitungkan modal awal yang akan kita gunakan untuk memulai kegiatan bisnis/usaha yang akan kita jalankan, karena modal adalah salah satu aspek penting dalam memulai bisnis/usaha yang akan kita jalankan. Adapun modal awal sebagai berikut;
Note : Dapat digunakan dalam jangka panjang
No.
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Harga Total
1.
Mesih jahit
1 unit
Rp. 1.400.000
Rp. 1.400.000
2.
Mesin obras
1 unit
Rp. 1.700.000
Rp 1.700.000
3.
Mesin necy
1 unit
Rp.4. 300.000
Rp.4.300.000
4.
Mesin cetak kancing
1 buah
Rp. 170.000
Rp. 170.000
5.
Mesin jahit motif
1 buah
Rp. 2.500.000
Rp. 2.500.000
Total Modal Awal
Rp 10.070.000
Jadi Total untuk modal awal kebutuhan jangka panjang adalah;
Rp. 10.070.000
4.2 Rencana Pendapatan
Adapun rencana pendapatan yang akan kami lakukan sebagai berikut
Analisa Usaha
Modal awal
Peralatan
Mesin jahit Rp 1.400.000,.
Mesin obras Rp 1.700.000,.
Mesin necy Rp 1.400.000,.
Mesin cetak kancing Rp 1.700.000,.
Mesin jahit motif Rp 2.500.000,.
Jumlah Rp 10.070.000,.
Perlengkapan
Peralatan jahit Rp 100.000,.
Bahan-bahan Rp 400.000,.
Jumlah Rp 500.000,.
Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
(10 stel baju dewasa x @ Rp 180.000,.) Rp 1.800.000,.
(10 stel baju anak x @ Rp 100.000,.) Rp 1.000.000,.
Jumlah Rp 2.800.000,.
Biaya-biaya
Biaya perlengkapan Rp 500.000,.
Listrik Rp 150.000,.
Lain-lain Rp 50.000,.
Jumlah Rp 700.000,.
Laba/ (rugi) bersih
Pendapatan – biaya-biaya
Rp 2.800.000,. – Rp 700.000,. Rp 2.100.000,.
BAB V
PENUTUP
5.1 Rencana Pengembangan Usaha
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para konsumen puas atas pelayanan yang kami berikan.
5.2 Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Dengan tetap mempertahankan kualitas serta memperhatikan tingkat kerapian hasil jahitan kami yakin usaha ini akan terus berjalan.
Diajukan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Managemen strategis
Rencana Bisnis Rumah Jahit Beujaya
Disusun Oleh:
IIN ZUHRA
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ABULYATAMA
ACEH
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bisnis yang masih bertahan bertahun tahun salah satunya bisnis jasa jahit pakaian. Kenapa bisnis jasa jahit pakaian ini memiliki prospek yang bagus, karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan. Sekarang ini pakaian bukan sekedar sebagai penutup badan atau aurat namun juga sebagai sarana menghias diri sehingga orang tidak akan puas memiliki satu dua pakaian namun juga banyak pakaian yang bagus meski pakaian lama masih layak pakai.
Merintis usaha dari hobi dapat memberikan kepuasan tersendiri. Salah satunya adalah membuat pakaian. Salah satu jenis HYPERLINK "http://berbisnisrumahan.com/tag/usaha-modal-kecil" \o "usaha modal kecil" usaha modal kecil ini, merupakan kesempatan berharga untuk saya sebagai penjahit yang ingin mencari peluang di HYPERLINK "http://berbisnisrumahan.com/tag/bisnis-rumahan" \o "bisnis rumahan" bisnis rumahan.Mungkin bagi sebagian orang, membeli baju dipasar atau di pusat perbelanjaan adalah sebuah pilihan yang praktis dan memberikan kesan tersendiri kepada pemakainya. Tetapi tak jarang pula konsumen merasa ukuran pakaian yang mereka beli kurang pas di badan, apalagi jika memiliki tubuh yang unik dan tidak terakomodasi dengan baik oleh ukuran pakaian hasil produk massal pabrik. Atau mungkin kurang sesuai dan cocok model atau pilihan warna dan bahannya. Nah itulah kendala yang dihadapi jika membeli pakaian jadi. Kendala tersebutlah yang memberikan peluang bagi saya untuk memulai bisnis rumahan.
1.2 Visi, misi dan tujuan
Visi :·
Menciptakan sebuah usaha dengan modal yang relatif rendah dan keutungan yang cukup besar
Misi :
· Memberikan kualitas jahitan yang baik serta rapi
· Memberikan pelayanan yang terbaik.
Tujuan Usaha :
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarya serta dapat memberikan contoh kepada mahasiswa-mahasiswa lain bahwa memulai usaha tidak harus dengan modal yang besar, akan tetapi dengan hobi yang bisa dijadikan peluang bisnis tidak menutup kemungkinan keuntungan yang kita peroleh cukup besar nantinya.
BAB II ASPEK PEMASARAN
2.1 Jasa
Jasa yang saya tawarkan adalah jasa menjahit baju wanita meliputi aanak-anak, remaja serta ibu-ibu. Selain itu, kami juga menerima jasa menjahit sprei, gorden dan lain-lain
2.2 Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis rumah jahit yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman, meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kebutuhan sehari hari kita.
2. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan Mendatangi instansi-instansi atau perusahaan tertentu dengan mengajukan proposal kerjasama seperti pembuatan baju ,seperti seragam dinas pegawai, seragam kantor dan lain sebagainya.
2.3 Analisis Pasar
Analisis Pasar dan Pemasaran
1. Target penjualan jasa
Usaha yang kami rintis ini adalah usaha rumahan. Sehingga agar mudah untuk dikenal oleh masyarakat kami memasang sebuah papan iklan di depan rumah, sehingga masyarakat yangmelewati jalan tersebut dapat melihat papan iklan tersebut. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
2. Sasaran Konsumen
Target utama Anda adalah anak-anak, remaja putri, para wanita pekerja/mahasiswa, hingga ibu-ibu muda yang selalu ingin tampil modis dan trendi. Bahkan siapa saja yang ingin membuat baju/pakaian.
2.4 Strategi Pemasaran
Memasarkan dari mulut ke mulut. Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana dan efektif untuk sekala usaha rumahan.
Membuat brosur dan menyebarkannya dilingkungan sekitar rumah anda.
Mendatangi instansi-instansi atau perusahaan tertentu dengan mengajukan proposal kerjasama seperti pembuatan baju ,seperti seragam dinas pegawai, seragam kantor dan lain sebagainya.
Mempromosikan lewat online media sosial atau membuat website sendiri dengan memajangkan hasil karya yang telah dibuat.
BAB III
ANALISA OPERASIONAL
3.1 Rencana Kegiatan
Adapun rencana kegiatan yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Kualitas
Kualitas yang akan kami berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan mengamati bahan-bahan yang kita gunakan, agar konsumen pun tidak kapok/jerah karena telah membeli jasa kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik dari segi bentuk maupun rasanya.
2. Lokasi
Tempat usaha yang kami rintis ialah di rumah sendiri, dengan begitu akan menghemat biaya untuk sewa toko atau sejenisnya.
3.3 Analisa SWOT
1. Strenght (Kekuatan)
Kerapian sangat diutamakan
Harganya cukup murah dan terjangkau
pelayanan memuaskan
2. Weakness (Kelemahan)
Belum mempunyai cabang.
Kurang modal untuk memulai usaha.
3. Opportunity (Peluang)
pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan.
Tidak cocok dengan model dan ukuran baju yang dijual di pasaran
Budaya masyarakat yang konsumtif.
4. Threat (Ancaman)
Banyak saingan di luar
BAB IV
ANALISA KEUANGAN
4.1 Modal Awal
Bagi pelaku usaha penting bagi kita untung memperhitungkan modal awal yang akan kita gunakan untuk memulai kegiatan bisnis/usaha yang akan kita jalankan, karena modal adalah salah satu aspek penting dalam memulai bisnis/usaha yang akan kita jalankan. Adapun modal awal sebagai berikut;
Note : Dapat digunakan dalam jangka panjang
No.
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Harga Total
1.
Mesih jahit
1 unit
Rp. 1.400.000
Rp. 1.400.000
2.
Mesin obras
1 unit
Rp. 1.700.000
Rp 1.700.000
3.
Mesin necy
1 unit
Rp.4. 300.000
Rp.4.300.000
4.
Mesin cetak kancing
1 buah
Rp. 170.000
Rp. 170.000
5.
Mesin jahit motif
1 buah
Rp. 2.500.000
Rp. 2.500.000
Total Modal Awal
Rp 10.070.000
Jadi Total untuk modal awal kebutuhan jangka panjang adalah;
Rp. 10.070.000
4.2 Rencana Pendapatan
Adapun rencana pendapatan yang akan kami lakukan sebagai berikut
Analisa Usaha
Modal awal
Peralatan
Mesin jahit Rp 1.400.000,.
Mesin obras Rp 1.700.000,.
Mesin necy Rp 1.400.000,.
Mesin cetak kancing Rp 1.700.000,.
Mesin jahit motif Rp 2.500.000,.
Jumlah Rp 10.070.000,.
Perlengkapan
Peralatan jahit Rp 100.000,.
Bahan-bahan Rp 400.000,.
Jumlah Rp 500.000,.
Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
(10 stel baju dewasa x @ Rp 180.000,.) Rp 1.800.000,.
(10 stel baju anak x @ Rp 100.000,.) Rp 1.000.000,.
Jumlah Rp 2.800.000,.
Biaya-biaya
Biaya perlengkapan Rp 500.000,.
Listrik Rp 150.000,.
Lain-lain Rp 50.000,.
Jumlah Rp 700.000,.
Laba/ (rugi) bersih
Pendapatan – biaya-biaya
Rp 2.800.000,. – Rp 700.000,. Rp 2.100.000,.
BAB V
PENUTUP
5.1 Rencana Pengembangan Usaha
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para konsumen puas atas pelayanan yang kami berikan.
5.2 Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Dengan tetap mempertahankan kualitas serta memperhatikan tingkat kerapian hasil jahitan kami yakin usaha ini akan terus berjalan.
BalasHapusSangat di sayangkan , Bisnis omset jutaan seperti ini, kalau desain websitenya asal asalan, fitur ordernya membingungkan , cobalah pesan Jasa Desain Web Blog Murah satu ini.
Desain Bagus , Ada tombol order langsung ke whatsapp , harga murah. Klik Saja >> Jasa Desain Web Blog Murah
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus